Selasa, 15 November 2011

EXCELLENT SERVANT HISTORY MAKER Part 1

kenapa gw kasih judul "excellent servant history maker" karena gw mau bagiin nilai-nilai yang gw dapet waktu gw ikut ESC 9-11 oktober 2011,
sebelomnya gw mau sedikit cerita nih tentang pengalaman gw ikut ESC, pertama kali pembina gw nyuruh gw ikut ESC ini dalam hati gw udah ragu aje aduh bisa gak yaa gw, kuat gak yaa gw, coz gw itu bisa dibilang orangnya perasa bangettttt... dibentak dikit aja gw bisa mewek, gimana bisa gw ikut ESC???

gw tuh udah mikir yang serem-serem aje tentang ESC, aduh nanti disono gw dibentak-bentak lagi, nanti gw disono pasti cape lagi gak coz ESC itu semi militer gitu dah, en blablabla.... 
gile blom apa-apa gw udah tanemin hal-hal yang mengerikan dasar yee yabel (lebay) banget gw hehehehe... 
hari pertama aja sebelom berangkat ke lokasi camp gw udah kena disiplin hehehehe.... gara-gara gw kaga apal 6 ayat yang kudu di apalin :p
saat itu dalam hati gw, gw udah takut aja baru mo berangkat aja gw udah disiplin apa lagi nanti dicamp tiap hari pasti ayat apalannya di tambah ampe 30 ayat, aduuhhh booo... takut gw....
but Tuhan memang udah punya rencana buat gw Dia bilang 
"van, kamu pasti bisa kok, kalo yang lainnya bisa pasti kamu juga bisa, jangan andalin kekuatan kamu, Aku ada buat kamu anakKu"
saat gw denger katanya c Dady gw langsung semangat lagi, en dengan IMAN gw berkata ma diri gw sendiri yaa gw pasti bisa :)

3hari 2malem buat gw sangat berkesan en sangat berharga, karena gw dapet nilai-nilai atau pembelajaran yang selama ini gw gak tau, langsung aja deh yaa gw kasih tau apa aja yang gw dapet waktu ESC.

1. PRINSIP DASAR KEHIDUPAN.
a) Tanda-Tanda Konflik
-Mengenal 6 Daerah Konflik,
 1.Keyakinan Keselamatan
 2.Gambar Diri Yang Sehat
 3.Tujuan Hidup/Fokus
 4.Hubungan Pernikahan/Keluarga
 5.Kemurnian Moral
 6.Persahabatan Yang Sehat

b). Menemukan Penyebab Konflik
-Tidak Jujur, Hutang, Bohong
-Cabul, Mengutamakan penampilan, Gossip, Balas dendam
-Kecemaran, Kerusuhan (Marah, Pemberontakan, Minder dll)
-Takut, Kuatir, Iri, Tidak aman
-Kebiasaan buruk, Debat
-Rasa bersalah, Frustasi

Penyebabnya (Kesombongan) => Ibrani 21:15-16, 1 Timotius 6:10, Titus 1:15:16

c).Cara Mengalahkan Kesombongan (Ibrani 12:15)
sering kali kita gak sadar dengan apa yang kita perbuat, percaya diri itu emang perlu tapi kalo kelewatan percaya diri jatohnya secara gak langsung kita udah bersikap sombong,
kita itu perlu hidup dengan mengandalkan KASIH KARUNIA ALLAH dengan mempraktekan 7 prinsip dasar kehidupan yaitu :

1.KEBEBASAN           = Tinggal Dalam Kristus
2.PENCIPTAAN          = Dengan Memiliki Gambar Diri Yang Sehat
3.PENDERITAAN        = Pengampunan Penuh
4.TANGGUNG JAWAB = Memiliki Hati Nurani Yang Murni
5.PEMILIKAN            = Penyerahan Hak
6.KESUKSESAN         = Merenungkan Firman Tuhan
7.OTORITAS             = Tunduk Dan Taat

sorry menyoriii nih yaa, gw gak bisa jelasin lebih detail lagi coz waktu pembahasan bab ini gw en kelompok gw gak ikut coz kamar gw tuh posisinya jauh banget dari aula tepatnya diujung, jadi gak kedengeran kalo ada suara pluit bunyi yang bertanda sesi pertama udah dimulai, so gw ngerasa rugi banget coz gak ikut atu sesi :( jadi sesi ini kelewat deh padahal penting nih sesi hikshikshiks.....
so langsung ajadeh yaa ke pembahasan/sesi ke 2.

2.GAMBAR DIRI YANG SEHAT
pasti banyak deh anak Tuhan yang sering bertanya "siapa sih saya?" dan banyak yang jawab "saya adalah manusia yang berdosa." 
STOP jangan perkatakan kalimat itu lagi, kita ini udah ditebus dan dibenarkan oleh Dady kita beratus-ratus tahun yang lalu oleh kuasa darahNya di kayu salib, jadi kita ini udah bebas dari dosa, kita ini ciptaan yang baru 

"Ia sendiri telah memikul dosa kita didalam tubuhNya dikayu salib supaya kita yang telah mati terhadap dosa hidup untuk kebenaran" (1pet 2:24a)

so sekarang kalo ada pertannyaan "Siapa sih saya?" kamu tingga jawab "saya adalah anak Allah"
dan kalo kita anak Tuhan berati kita ini "Milik" Tuhan biasanya kalo yang namanya kepunyaan itu pasti kita punya rasa "memiliki dan dimiliki" seperti yang terdapat didalam Yoh.1:12 dan Yoh 10:28-29.

dan setiap kepunyaan Allah memiliki daya guna, jadi siapa yang ampe saat ini selalu mengeluarkan statmen "gue ini gak berguna yaa"  STOP buang jauh-jauh deh kata-kata itu, setiap mahluk yang udah Tuhan ciptain pasti memiliki daya gunanya tersendiri, apalagi kita yang Tuhan ciptain serupa dan segambar dengan Dia pastinya kita sangatlah berguna baca deh di 

Efesus 2:10 (Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.)

jadi katakan ama diri lw sendiri kalo lw itu Tuhan ciptai untuk melakukan pekerjaan baik dan untuk menggenapi rencanaNya dalam hidup lw... :)

dan sering kali kita sering menilai diri kita itu GAK BERHARGA iya kan??? yaa karena ini pengalaman pribadi gw juga, gw pernah bahkan dulu gw sering menganggap kalo diri gw ini GAK BERHARGA karena gw sering dapet KILLING STATMENTS yang menjatuhkan buat gw yang bikin gw galau dengan keadaan gw,karena sering dapet statmens yang bikin gw kehilangan RASA BERHARGA gw selalu merubah apa yang terlihat oleh mata untuk menjadikan diri gw lebih berharga buat orang-orang, bodohnya gw.... :(

padahal guys kita itu berharga BUKAN dari luar tapi dari dalam diri kita, kita itu berharga karena kita udah ditebus dan dibayar lunasnasnas... ama darahNya Dady kita yang mahal banget lebih mahal dari mobil barunya Rafi ahmad hehehhee.... pokoke gak ternilai ama duit, emas en apapun juga yang ada didunia ini, inget kita

BERHARGA BUKAN APA KATA DUNIA TAPI KARENA KITA UDAH DITEBUS OLEH DARAH YESUS DAN TELAH DIBAYAR LUNAS OLEH KEMATIANNYA DIKAYU SALIB.

gw selalu memperkatakan ini tiap gw mulai ngerasa gw gak berharga 

" vanny kamu BERHARGA DI MATAKU dan AKU MENGASIHI mu"

so kalo kalian pernah ngalamin atau sedang berada dalam posisi itu perkatakan berkali-kali dengan kenceng ampe kuping kalian sendiri denger, karena Iman tumbuh dari pendengaran... :)

a) Akibat Kepercayaan yang Salah Dan Cara Pemulihannya.
    1) Saya harus mencapai standar tertentu untuk saya merasa berharga.
akibatnya :
Takut gagal/Ketagihan Sukses (Perfeksionis, Mengejar kesuksesan dgn cara apapun, Memanipulasi orang lain demi kesuksesan, menjadi org yanng gak berani ambil resiko)
Jalan keluarnya :Kebenaran PEMBENARAN (Roma 5:1, Roms 3:28)


   2) Memiliki rasa Harus diterima untuk merasa berharga.
akibatnya : Takut tertolak, selalu merasa gak aman, gak berani bersikap tegas dll
jalan keluarnya : kebenaran PEMBENARAN (Kol.1:21-22, Roma 8:35)


   3) Memiliki rasa tertuduh yang berlebihan.
akibatnya : Takut dihukum, selalu merasa terintimidasi, dll
jalan keluarnya : Kebenaran PENDAMAIAN (Roma 8:1)


   4) Merasa dirinya gak bisa berubah dari kekurangan dan kesalahan.
akibatnya : Memiliki rasa malu yang over, minderan, tertutup dll.
jalan keluarnya : Kebenaran KELAHIRAN BARU (Ibrani 10:17, II Kor.5:17)

sooo gak ada deh tuuhhh ngerasa dirinya GAK berharga inget yaa kita ini SANGAT berhaga...

"k'rna ku berharga dimata-MU dan mulia dalam pandangan-MU..."

tuh sedikit penggalan lagu yang bikin gw nangis termehek-mehek waktu ESC, pas denger lagu itu gw ngerasa gw tuh bodoh bangeeettt, jelas-jelas gw ini SANGAT BERHARGA dan MULIA lagi di mata Dady, tapi kenapa gw sering menganggap gw GAK berharga cuma gara-gara stetmens yang orang keluarin ke gw, iiiihhhhh.... beeneerrr dah gw ini.... >.<


3.HATI NURANI YANG MURNI.
kalo kita punya hati nurani yang murni berati kitapun memiliki hidup yang merdeka, hati nurani itu ada didalam roh manusia,
kalo kita memiliki hati nurani yang murni kita bisa lebih peka lagi untuk :


1) Membedakan baik dan Jahat (Ibrani 5:14)
2) Mengalahkan dosa (I Tim.1:18)
3) Meneguhkan kesaksian dan pelayanan (Kis 4:16)
4) Hidup sehat dan damai sejahtera (Mazmur 32:1-4)


hati nurani yang murni meliputi kemerdekaan rohani terhadap Allah dan sesama.


Ciri-ciri hati nurani yang gak murni :
1) Roma 2:15 "suka membela diri/membantah"
2) Markus 12:33 "menolak diri/suka merasa tertolak"
3) Roma 2:1-3 "suka menghakimi orang lain"
4) Amsal 14:14 "gak tegas/suka kompromi"
5) Mazmur 32:1-4 "Sering Depresi" 
6) Yakobus 1:8 "Jatuh bangun melulu / Labil (kalo sekarang bahasa anak gaholnya a.k.a gaul itu ABABIL <Abg Labil> :p gak mau disebut ababilkan...??? makanya jangan jadi orang yang labil yaa ) :p"
7) Amsal 12:16 "suka marah-marah terus / Judes (haayyyooo... siapa yang suka marah2 atau yang orang judes??? berati hatinya belom murni tuh :p)"
8) Amsal 10:24 "memiliki perasaan rasa takut yang berlebihan/sering memiliki perasaan gak aman"


en cara memulihkannya dengan caraaa :


1) Ijinin Roh Kudus berbicara ama kita (biarin Roh Kudus menyatakan/mengingatkan perbuatan-perbuatan kita yang merugikan orang lain.(agar kita ngelakuin/atau ambil tindakan pemberesan sama orang-orang tersebut)


2) Tolak en buang jauh-jauh deh pembelaan diri cnth :
"masalah itu kan udah lama"
"yaa ellaahh cuma masalah kecil doang c"
"kalo di jelasin ke mereka juga gak bakal ngerti"
"lupain aja c cuma gitu doang"
NO!!! ayooo ketemuan en lakukan pemberesan, gimanapun nanti respon dari orang itu yaudah terimalah dan ingat tujuan kalian murni buat minta maaf dan selesaiin masalah bukan perpanjang masalah.
3) Minta pengampunan ma Dady a.k.a Tuhan Yesus.
4) Belajar menjadi dewasa dan Bertanggung jawab.


sebenernya masih ada 5 sesi lagi cuma berhubung udah malem en perut gw dah berdemo ria, nanti sesi-sesi selanjutnya gw tulis nyusul yaa....
jadi untuk sekarang gw cuma bisa bagiin 3 sesi dulu, tunggu kelanjutannya yaa....

God Bless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar